Kesehatan Chihuahua

Saya sudah hampir 5th ini menekuni breeding anjing. Awalnya saya breeding di mini pincher tapi baru pertengahan tahun kemarin saya beralih ke chihuahua. Ternyata dari mulai lahiran anjing yg ke 2,saya selalu mendapat masalah.
1. Anjing I melahirkan, dari 3 mati 1.
2. Anjing ke 2, mati dalam kandungan karena dokter hewan yg menangani kurang cekatan yaitu terlambat melakukan caesar & saya sempat complain waktu itu.
3.Anjing ke 3, dari 3 mati 2 karena lahir kecil (pocket size),indikasinya kena hidrocephalus. Jadi di kepalanya seperti ada rongga & lunak sekali. Jadi pertumbuhan berat badannya tidak ada walaupun makannya bagus.
4.Anjing yg ke 4, mati dua2xnya karena kena virus. Anehnya waktu itu baru saja habis divaksin,sehari kemudian kena virus itu.
5.Anjing ke 5 ini lancar dari kelahiran sampai sekarang mau saya jual itu.
6.Anjing ke 6 ini lahir 2,yg satu mati saat lahir yaitu tidak ada nafas. Tapi krn kurangnya pengetahuan saya,seharusnya dikocok badannya,lama2x akan bisa bernafas menurut dokter hewan. Tapi saya terlambat tahunya. Yg satu lagi menyusul mati, karena induknya kurang telaten nyusuinnya & sempat saya bantu dg susu royal canin tapi mungkin saya tidak cek saat habis minum,tidak saya rangsang kemaluannya utk bisa buang air,mungkin kembung jadi akhirnya tdk tertolong.
7. Anjing ke 7, lahir 2. Tapi sayang yg 1 kemarin mati karena juga kurang tenaga menyusu induknya & saat saya bantu, karena sdh lemas dia tdk bisa menelan air susu yg saya kasih & mungkin mengenai paru2xnya. Jadi sesak napas. Seharusnya saat itu bisa ditolong dg infus sebelum dibantu memberi susu tambahan.Kalau kecewa tentu kecewa ya dengan bertubi-tubi sepertini . Tapi bagi saya ini suatu pembelajaran untuk menjadi tahu. Mungkin redaksi anjingku bisa membantu saya memberi tips merawat puppies chihuahua yg baru lahir. Karena ternyata rentan sekali,beda sekali dengan mini pincher.Waktu mini pincher tdk pernah mengalami masalah spt ini.Karena setelah ini masih ada yg akan melahirkan, ada 3. Mohon bantuannya.
Untuk dokter hewan, sebenarnya saya ada langganan yg bagus. Tapi 2 dokter ini sering bergantian ke yogya. Untuk yg lainnya,saya tidak yakin. Makanya kejadian anjing yg baru mati tadi,kalau dokter langganan saya itu ada disini mungkin masih bisa tertolong. Karena yg ada hanya dokter pengganti & belum pengalaman.
Terima kasih
Nita

===============================================================

Hallo Nita,

Chihuahua memang cukup dikenal sebagai jenis toy dog yang rentan penyakit. Penyakit umum yang sering diderita antara lain hydrocephalus (adanya cairan berlebih di otak), masalah persendian, sistem pernafasan, susunan syaraf, dll. Sebenarnya, ini bisa dimaklumi dengan struktur tubuh chihuahua yang mungil.Sebagai info saja, pertumbuhan tempurung kepala chihuahua tergolong tidak sempurna dibanding jenis anjing lain. Ketika lahir, tempurung kepala tidak menutupi otak sepenuhnya. Jadi, ini juga bisa menjadi penyebab “banyaknya” kemungkinan penyakit dikemudian hari.

Sistem pernafasan chihuahua juga terbilang sangat rentan. Bentuk saluran pernafasan yang lonjong dan sempit membuat chihuahua sangat sensitif dengan polusi udara.

Oleh karena itu, menurut kami, chihuahua memang membutuhkan perawatan ekstra hati-hati. Terlebih pada penggunaan vaksin dan obat-obat medis.

Sekedar sharing saja, salah satu kru Anjingku yang sempat belajar dunia kinologi di Vancouver pernah mengatakan jika penggunaan vaksin sudah sangat jarang ditemukan di Canada dan sebagian besar negara bagian di USA. Bahkan di beberapa negara bagian, vaksin sudah dianggap illegal. Sejumlah pakar medis di negara tersebut pada umumnya menegaskan jika vaksin justru memperlemah dan merusak sistem kerja organ mahluk hidup. Aneh memang ya ?

Terkait dengan persoalan chihuahua.
Nampaknya, dengan beberapa kondisi rentannya kesehatan chihuahua, penggunaan vaksin lebih baik dihindari. Begitu juga dengan segala bentuk penggunaan produk pabrikan. Kemudian akan lebih baik jika chihuahua mengkonsumsi makanan alami. Dan tentunya, sanitasi lingkungan juga perlu dijaga.

Jika Anda mau, mungkin Anda bisa mulai mencoba dari awal. Merawat anakan chihuahua tanpa divaksin, memberi makanan alami dan menjaga kualitas sanitasi. Pada sejumlah orang, cara ini terbilang berhasil.

Ke depan, kami akan menyajikan resep pola makan alami untuk anjing. Semoga puas dengan jawaban kami.

Salam
http://anjingku.tk

7 Tanggapan

  1. Terima kasih atas tanggapannya,appreciate atas cepatnya memberi tanggapan.
    Mengenai vaksin, apakah tidak ada resikonya dengan anjing saya?, terutama dengan virus distemper. Karena yg 2 anak mati beberapa bulan yg lalu itu mati karena virus distemper & menyusul pula induknya mati (untuk induknya memang belum pernah saya vaksin dari awal saya beli,hanya vaksin parvo).
    Jadi kronologisnya :
    – anak-anaknya sehari setelah saya vaksin,muntah-muntah & sehari kemudian mencret & lemas sekali. Besoknya langsung keluar BAP encer berwarna merah itu. Keduanya tidak bisa ditolong.
    – Seminggu kemudian induknya ada tanda-tanda tidak mau makan,sehari berikutnya langsung keluar BAP encer merah itu. Sudah ditolong dokter,tapi tetap tidak bisa diselamatkan nyawanya. Padahal antara 1-2 minggu sebelum anaknya divaksin itu,induknya sudah saya pisahkan dengan anaknya karena anaknya sudah bisa menyusuin sendiri. Yg menjadi pertanyaan saya, kenapa induknya itu yg tertular?,padahal dari sekian anjing belum ada yg saya vaksin lengkap jadi semuanya hanya vaksin parvo.
    Waktu pegang anakan yg mulai terlihat mencret, saya tidak ingat cuci tangan & pegang semuanya untuk memberi makan,jadi bukan induknya saja yg saya pegang.

    – Sehari setelah induk itu mati, ada 1 lagi yg mulai tanda-tanda tidak mau makan. Tapi cepat-cepat saya selamatkan dirawat di klinik dokter hewan & bisa sembuh.

    Setelah ada yg terakhir dirawat itu, anjing-anjing lainnya saya beri immunair. & semua tempat-tempat saya bersihkan. & memang sudah berhenti disitu saja. Setelah itu baru sebulan kemudian saya vaksin lengkap semua karena saya khawatir.

    Selain itu beberapa yg sudah beli anjing & menanyakan anjing saya,pertanyaannya selalu soal vaksin. Bahkan ada yg menanyakan dari Makasar & setelah saya cek prosedurnya, juga harus sudah vaksin rabies. Bagaimana dengan kendala seperti ini?,mohon bantuan penjelasannya.

    Mengenai yg sesak pernapasan itu (yg baru saja mati kemarin), induknya memang operasi waktu melahirkan. Saya lihat dari putingnya, yg keluar air susunya justru didekat operasi itu,jadi kemarin saya lihat kalau anaknya yang mati itu mau menyusuin dibagian itu,selalu disingkirin induknya. Kemarin waktu saya bantu susu dengan botol (dari royal canin), dia juga sudah tidak mau mengenyut dot botolnya. Beda waktu yg mati sebelumnya, waktu disusuin dengan botol langsung mengeyut dotnya.
    Pertanyaan saya:
    – Bagaimana kalau saya menemui puppy yg seperti ini lagi,terutama jika induknya kurang telaten dalam menyusui?.
    – Jika ada kecelakaan seperti ini lagi (susu masuk ke paru-paru), apakah masih bisa diatasi/diselamatkan?. Sebenarnya waktu ketahuan tersengal-sengal itu belum terlalu lama,tapi karena saya tidak tahu cara mengatasinya & dokter langganan saya saat itu sedang tidak ada,adanya dokter pengganti.Anjing saya sempat dibawa ke klinik untuk dibantu oksigen. Tapi sayang jawaban dokter pengganti itu,bahwa anjing saya tidak apa-apa,nafasnya memang begitu & seperti mau menggonggong tapi tidak bisa. Saya heran & kaget dengan jawaban seperti itu.Katanya setelah dibantu oksigen sudah bisa normal lagi,tapi tdk berapa lama ternyata sesak napas lagi & tidak tertolong. Bukan masalah anjing itu mati tapi yg saya sesalkan komentar dari dokter itu yg meremehkan sekali.
    Mohon bantuan informasinya untuk menangani kasus-kasus seperti ini, apakah puppy yg baru berapa hari sudah bisa dibantu dengan susu tambahan?
    mudah-mudahan dengan berikutnya saya jadi lebih tahu.
    Mohon infonya jika ada cara-cara penanganan puppy chihuahua yg agak rentan ini.

    Terima kasih
    Nita/Hendri

  2. kok tega sih mem-breeding anjing tanpa skill sehingga mengorbankan nyawa2 anjing tersebut…:(

  3. Saran saya kalo memang mau breeding, banyak tanya banyak cari2 pengetahuan dulu, jgn terlalu mengandalkan jawaban dokter, mereka juga manusia loh. Bisa salah juga.kalo masalah anj km mati mencret darah itu parvo, virus itu menempel di tangan km baju km, di udara juga, jadi bisa 1 kennel terkena kalo ga di steril semua.induk yg abis sesar biasanya butuh waktu untuk mau sama anaknya, jadi ga bisa di tingalin gt aja, induk harus di paksa menyusui dengan cara di baringkan.masalah lahir ga bs nafas dan mati, krn km ga gosok2 anaknya. Itu akibat dr kurang pengetahuan.kasian anj2 nya jadi korban akibat breder yang tidak berpengalaman.

  4. Saya mau nanya klu chihuahua sering d ruang AC boleh gak?

  5. anjing aku esak napas setelah nelen air banyak … jadi kyk tenggelm

  6. Ada yg tau chihuahua mknan nya apa ya,…. Kq si i.it q gk mo mkn.trus minimal brpa cc jenis chihuahua minum

Tinggalkan Balasan

