Anjing Agresif

Kenapa anjing menjadi agresif ? Apa yang menjadi faktor penyebab anjing menjadi agresif ? Apa ciri-ciri anjing yang agresif ? Berikut uraian mengenai anjing agresif.

Frustasi
Hal utama yang menyebabkan frustasi adalah tidak adanya penyaluran energi. Kunci dasar yang perlu diperhatikan adalah “walk”. Mengajak jalan-jalan anjing adalah suatu hal yang mutlak untuk menyalurkan energi. Dari 95% kasus anjing agresif, mayoritas penyebabnya adalah karena kurang diajak jalan-jalan / olahraga. Dalam hal ini, setiap jenis anjing memerlukan porsi jalan/olahraga yang berbeda. Dan jangan lupa, persoalan jalan-jalan ini tidak bisa diganti dengan melepaskan anjing di halaman yang luas.

Kebutuhan Sosialisasi
Anjing yang agresif (baca:suka menyerang orang) merupakan persoalan terberat bagi orang yang memelihara anjing.  Sejak usia 3 minggu, kebutuhan untuk bersosialisasi bagi anjing sangat besar. Ini menjadi penting karena jika kebutuhan ini tak tercukupi dengan baik, sifat agresif anjing akan muncul kemudian hari. Bayangkan betapa repotnya jika sifat itu dimiliki anjing dari trah besar.
Pembelian anjing terbaik pada usia 7 atau 8 minggu. Dengan demikian, upaya sosialisasi mulai berjalan seiring dengan peralihan kepemilikan anjing dari penjual ke pembeli. Hingga 10 minggu, adalah masa penuh ketakutan. Untuk itu, anjing pada usia tersebut perlu dirawat dan dilatih dengan penuh kelembutan.
Masa kanak-kanak menuju masa remaja seekor anjing berawal pada usia 14 minggu. Pada usia ini, mereka masih mempunyai rasa takut dan belum percaya diri. Masa-masa penuh ketidakpercayaan diri itu berakhir pada usia antara 14 hingga 15 bulan. Kematangan secara fisik dan seksual berada di usia ini.
Anjing yang tidak pernah diajarkan bersosialisasi dengan orang atau binatang lain sejak usia 14 minggu hingga 14 bulan akan sangat sulit untuk di-handle.

Anak-anak anjing yang tumbuh di kennel dengan sedikit sentuhan tangan manusia kerap kali menjadi anjing yang akan mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang. Apalagi jika hingga usia 14 minggu, anak anjing itu belum terjual. Tentu saja ia akan menjadi anjing yang gugup jika bertemu dengan orang asing.

Sementara itu, kematangan secara seksual terjadi sejak anjing berusia 14 bulan. Pada usia ini, ia mulai menggonggong jika ada orang asing. Mereka menjadi lebih protektif, baik terhadap wilayahnya, orang-orang yang disukainya (baca:pemilik), dll. usia 14 bulan merupakan batas masa pengenalan terhadap seluruh anggota keluarga dan binatang peliharaan lain.

Faktor genetik dan keturunan
Faktor-faktor ini sangat berperan terhadap sifat agresifitas yang ada pada diri seekor anjing. Jenis anjing yang memiliki kecenderungan agresif antara lain Doberman, Rottweiler dll. Anjing jenis terrier juga memiliki kecenderungan sifat agresif.
Sementara itu, anjing hasil persilangan dari jenis yang berbeda juga kerap memiliki sifat yang tak stabil. Tentu saja sifat agresif tak terelakkan. Berbagai permasalahan anjing hasil kawin silang juga terbilang lebih banyak dari anjing yang masih murni hasil perkawinan satu jenis.Namun perlu diingat bahwa persoalan genetik ini tetap bermuara pada sifat-sifat dasar anjing.

Lingkungan
Kondisi di mana anjing berada, kurangnya sosialisasi, pemberian hukuman yang berlebihan, terlalu berlebihan dalam memanjakan anjing, terlalu dikekang adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi anjing untuk bertindak agresif.

Ciri-ciri anjing agresif
– menggonggong secara berlebihan
– cenderung suka menggeram atau menggertak ketika kita mencoba mengambil makanan darinya
– mempunyai rasa kepemilikan yang kuat
– tidak memiliki rasa takut atau nervous sedikitpun di lingkungan yang baru
– tidak memiliki rasa takut atau nervous sedikitpun terhadap orang asing
– suka menyerang binatang peliharaan lain
– selalu mencoba untuk menyerang setiap benda yang bergerak
(ex : mobil, motor, sepeda, dll)
– tidak suka berada di rumah (baik di kandangnya maupun di dalam rumah anda)
– lebih suka menghabiskan waktu di ruangan yang tak bisa kita kontrol, sehingga ia dapat melakukan sesuatu sesuka hatinya
(Ally)

11 Tanggapan

  1. bagaimana sich cara melatih anjing agar dia bisa agresif,saya mempunyai anjing jnis APBT tp dia amat sangat penakut,sama manusia ataupun hewan,saya sdh coba berbagai mcm cara, yaa minimal klo ad org asing dia mengongong lah,jd klo di rmh kerjanya hanya makan dan tidur saja…….

    • Hallo Ercat,
      Lebih baik jangan menginginkan anjing agresif. Anjing yang mudah menggonggong juga bisa saja sebenarnya penakut. Yang lebih baik diperbaiki adalah kepercayaan diri. Anjing anda sepertinya mengalami masalah dengan kepercayaan diri. Mulailah aktifitas jalan kaki bersama anjing, secara rutin. Jangan lupa terapkan disiplin. Jika anda melihat ekornya mengarah ke antara 2 kaki, coba diarahkan ke atas. Dan sering-sering mengelus dadanya jika anjing menuruti keinginan anda. Dalam kasus stres, bisa dengan memijat tulang punggung.

    • Tarungngin sekali…biar pernah kluar darah ama makan darah

  2. hallo. saya pnya peliharaan anjing maltese. umurnya 2tahun. dia sering banget menggongong, bahkan dngn pembantu saya yg sudah biasa dia temui tiap hari sejak kecil (kecuali dengan saya dan keluarga). dan kalau saya mencoba menghukumnya dengan memukul pantatnya atau hanya sekedar menggertak dengan mengangkat tangan, dia lgsg mau menggigit saya. bagaimana yah solusinya?? thanx sebelumnya.

  3. Hai Fransisca…
    sering-sering ajak main anjing kamu dan selalu diterapkan sistem kedisiplinan, bila anjing kamu melakukan suatu kesalahan katakan “Tidak”. dengan tegas dan bukan membentak, jangan terlalu di manja, dan suatu kesalahan besar pemilik anjing adalah selalu menghukum nya dengan fisik padahal itu salah besar, kalo di pukul atau di marah-marahin nanti bakal makin agresif.
    Good luck :))

    oleh:windiyas

  4. hallo saya pemelihara anjing Rottweiler…anjing saya ni sangt agresif dan suka mengejar org/hewan tetangga…gimn ya bs melatih biar tidak galak…padahal tiap pagi selalu saya lepas biar bisa bermain dgn anjing2 saudara…

  5. Saya punya anjjing jenis german shepherd betina, tp dy ga agresif.. Bila ada orang asing masuk rumah pun ga di gonggong. Malah dy suka meringik2..
    Tujuan saya beli anjjing spya bisa jaga rumah.
    Saya minta tips supaya herder saya ga cengeng n meringik sprti itu kalo ada orang asing masuk kerumah..
    Trima kasih

  6. Saya mempunyai anjing rottweiler x german shepherd tapi ketika di gonggongin anjing lain diaa selalu ketakutan bagaimana solusi nya? Umur anjing ku 5 bulan

  7. Anjing saya schnauzer jantan … dilihat dari artikel yang saya baca, jenis anjing ini adalah jenis anjing pemburu dan bisa dijdikan anjing keluarga … tapi kenyataannya kok penakut sekali ya..setiP ketemu orang kabur terus … dan mengumpat di bawah kaki saya untuk meminta perlindungan …. mohon share info bagaimana mengatasi anjing seperti ini … karena kadang saya malu kalo ketahun anjing sya ini penakutnya luar biasa

  8. siang.. sy mau tanya.. anjing sy yorkshire terrier 1 yg sedang, 1 laagi yorkshire mini, kmrin anjing saya yg yorkshire besar gigit yorkshire mini saya yg umurnya udh tua smpe. mati, krn kemarin ga ada yg ngawasin jd smpe mati.. anjing saya. sebelumnya juga pernah bunuh kucing kecil 2 kali.. dia baik cuma sama saya,krn dr kecil sm saya.. cuma dikasitaau suka cuek.. Rasanya mau saya buang.. Krn udh jahatt bgtt sm anjing saya yg yorkshire mini.. hukuman aapa. yg haarus saya kasih.. mohon masukannya ya..

  9. Artikel bodoh.. susah dimengerti.. jadi maksudnya yg bener usia 3 minggu/7 minggu/14 minggu untuk bersosialisasi?!! Kok pembaca dibikin repot mencerna..

Tinggalkan Balasan

