German Sheperd

Umum
German Sheperd atau Anjing Gembala Jerman (AGJ) juga disebut dengan nama Alsatian. Anjing ini sangat kuat dan terlihat “macho” dengan bulu yang cukup tebal. Otot kaki depan dan pundaknya sangat kuat. Ada 3 jenis AGJ dilihat dari bulunya. AGJ rough coat, long rough coat dan AGJ long haired. Sesuai dengan namanya, ia cocok digunakan sebagai anjing pekerja. Ukuran anjing ini cukup besar untuk melukai seseorang. Apalagi dengan ketajaman taring dan kekuatan otot-otonya. Anjing ini hanya menggongong jika memang situasi menuntut demikian.

Sifat & kelebihan
Memiliki kecerdasan tinggi, mempunyai rasa memiliki dan mencintai tuannya, pintar, cekatan, enerjik, setia, bersahabat, bersemangat tinggi, senang bermain , membutuhkan perhatian,  bisa hidup berdampingan dengan anjing lain, penciuman tajam dan bisa digunakan untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari, memiliki insting sangat kuat untuk menjadi anjing penjaga.

Data fisik
Tinggi  Jantan (60-65cm) betina (55-60cm)
Berat (35-40kg)

Harapan usia
Sekitar 13 tahun

Perawatan
Anjing ini bisa hidup di apartemen asal sudah terlatih. Namun, akan lebih baik pemilik anjing ini tidak tinggal di apartemen. Halaman yang luas sangat dibutuhkan karena selain anjing ini sangat enerjik, ia juga mempunyai bulu yang tebal. Pemilik juga harus selalu mencermati secara rutin kondisi bulu anjing ini agar tidak kusut dan berbau. Dianjurkan agar anjing ini dipelihara di tempat yang memiliki temperatur rendah karena bulunya yang tebal bisa membuatnya cepat kepanasan. Lebih baik tidak sering dimandikan karena akan mengurangi pelumas yang keluar dari bulunya. Cukup disikat dan dijaga kebersihannya.

Asal muasal
Pada April 1899, seorang kapten di Ingrris bernama Max von Stephanitz mendaftarkan nama anjing. Ia memilih kata Horan untuk memberi nama anjing German Sheperdnya. Konon, Horan adalah anjing German Sheperd pertama yang ada di Inggris. Sampai tahun 1915, jenis AGJ long-haired dan wire-haired terus mendominasi ajang dog show. Sementara itu, AGJ short haired pertama kali dipamerkan di Berlin tahun 1889.
(Sry)

Satu Tanggapan

  1. Saya punya Herder betina..
    Dy sering merengek bila saya tinggal keluar.. Kalo ada org asing pun dy suka merengek ( mungkin minta dimanja)
    Minta tips donk supaya anjingg saya bisa dijadikan anjingg penjaga rumah dan tidak merengek-rengek..
    Thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: