Keputusan Memiliki Anjing

Ingin memiliki anjing yang lucu, pintar dan menyenangkan ? Tunggu dulu.
Keputusan untuk memiliki seekor anjing bukan merupakan keputusan yang mudah. Beberapa pertanyaan harus kita jawab terlebih dahulu untuk menentukan apakah kita layak untuk memiliki seekor anjing.
Beberapa pertanyaan itu antara lain;
1.Apakah kita punya cukup waktu luang untuk merawat anjing kesayangan ?
2.Apakah kita punya cukup kesabaran untuk mendidik anjing kesayangan ?
3.Apakah kita punya cukup dana untuk memenuhi kebutuhan anjing kesayangan ?
4.Apakah kita mau trus belajar untuk mengetahui seluk beluk anjing kesayangan ?
5.Apakah semua anggota keluarga juga punya keinginan untuk memiliki anjing ?

Jika semua pertanyaan di atas dijawab dengan kata “YA”, maka kita memang layak untuk memiliki seekor anjing. Setelah itu, beberapa hal pun harus dilakukan sebelum kita membeli anjing.

Apapun anjing yang akan kita beli, kita harus mulai melakukan persiapan

Berikut hal-hal yang harus dilakukan sebelum membeli anjing.
1. Menentukan jenis anjing yang akan dibeli.
2. Mencari informasi mengenai jenis anjing yang akan dibeli
3. Memikirkan kembali bahwa setelah membeli anjing,
kita akan hidup bersama dengan anjing setidaknya selama 10 hingga 15 tahun.

Setelah keputusan bulat untuk memelihara anjing dicapai, lantas timbul pertanyaan, di manakah kita akan membeli anjing ? Pertanyaan ini sekilas mudah untuk dijawab. Namun, sebenarnya tempat membeli anjing juga akan berpengaruh terhadap kondisi fisik maupun mental anjing. Apalagi jika anjing yang akan dibeli sudah berusia dewasa.

Kenapa begitu rumit ?

Anjing masuk dalam kelompok karnivora. Hewan pemakan daging. Jika kita tak mampu mengendalikan anjing, maka keputusan membeli anjing akan menjadi boomerang. Terlebih lagi jika anjing yang kita miliki masuk dalm garis trah besar seperti Rottweiler, Doberman Pinscher, Great Dane, dll.

Jika kita telah memutuskan untuk memiliki seekor anjing, tanggung jawab untuk merawat, memberi kasih saying, mendidik layaknya anggota keluarga merupakan hal yang tak terelakkan. Dengan demikian, hal-hal yang tidak diinginkan akan dapat dihindari. Karena anjing merasakan kenyamanan dan kehangatan pemiliknya, ia tidak akan bertindak merugikan bagi si pemilik. Bahkan, sang anjing justru akan memberikan perlindungan dan manfaat bagi si pemilik. Maka tak heran jika ada yang mengatakan ;

Anjing adalah mahluk yang paling setia
Anjing tidak pernah berkhianat

Memang betul jika dikatakan bahwa anjing adalah mahluk yang paling setia dan tidak pernah berkhianat. Namun, jika kita tidak merawat dan menyayanginya dengan penuh kasih, ia akn berubah menjadi mahluk yang brutal dan menakutkan.

Beberapa peristiwa kebrutalan anjing kerap terjadi. Dari data SCAC & NCRF, terlihat sejumlah peristiwa kebrutalan anjing di USA yang telah memakan korban, baik manusia maupun binatang peliharaan lain seperti itik, ayam, burung, dll. Mayoritas peristiwa naas itu dilakukan oleh anjing yang masuk garis trah besar. (Lihat pada kategori : Data Anjing Brutal).

Terkait dengan hal itu, alangkah baiknya jika keputusan untuk memiliki seekor anjing harus benar-benar dipertimbangkan secara matang. Baik anjing yang berada dalam garis trah besar maupun trah kecil. (Ally)

NB :
Khusus untuk pertimbangan dalam memilih anjing yang berada dalam garis trah besar, ada baiknya jika kita melihat jenis-jenis anjing trah besar yang pernah terlibat dalam penyerangan secara brutal. Silakan telusuri pada kategori : Data Anjing Brutal. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: