Memelihara Anak Anjing

Memelihara seekor anak anjing hampir sama dengan merawat anak kecil. Ia selalu mempunyai rasa keingintahuan yang besar. oleh karena itu, jika dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin jika anak anjing  akan menemui bahaya.

Bagi seekor anak anjing, dunia adalah sesuatu yang sangat membuat dirinya penasaran. Tak heran jika ia terus-terusan mengendus tiap saat anak anjing itu melangkah. Apa ini ? Apakah sesuatu yang enak dimakan ? Apakah sesuatu yang bisa dibuat mainan ? Rasa penasaran itulah yang membuat anak anjing suka menggigit barang-barang anda. Mulai dari sepatu, perabotan rotan, kaki kursi, bantal, pakaian dan lain sebagainya. Pertumbuhan gigi-giginya juga merangsang anak anjing untuk menggigit dan mengunyah barang apa saja. Lalu apa yang harus kita lakukan ?

1. Berikan hukuman kepada anak anjing hanya saat kepergok menggigit barang-barang anda hingga rusak
2. Pindahkan barang-barang yang kemungkinan bisa rusak oleh gigitan anak anjing
3. Jika tidak ingin dipindahkan, semprot atau oleskan air cabe pada benda-benda yang kerap digigit anjing itu (anda juga bisa mencari produk khusus untuk permasalahan ini)
4. Pasang pagar khusus untuk memberi batas pergerakan anak anjing
5. Alihkan perhatian anjing ke hal-hal lain yang menarik perhatiannya seperti memberikan mainan atau ajak anak anjing untuk berjalan-jalan di sekitar rumah.

Tips :
Posisikan mata anda sesuai ketinggian mata seekor anak anjing. Dari sudut pandang yang sama, anda dapat mengantisipasi hal-hal apa saja yang membahayakan dan perlu dipindah agar tidak dapat dijangkau oleh anak anjing.

32 Tanggapan

  1. Mohon infonya kalau anak anjing sembelit,gimana ya?.Umurnya 3bln. Baru sekali sih kejadiannya & makanannya dog food yg untuk puppies.
    Thanks

  2. Hallo Nita,
    Anak anjing ibarat anak kecil pada manusia. Seluruh organ tubuh masih lemah. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anak anjing mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. Nah, kasus sembelit ini jelas karena alat pencernaan si anak anjing belum cukup kuat untuk menjalankan tugasnya. Sebenarnya, dog food pabrikan ( apapun jenisnya), kurang bagus jika dikonsumsi anak anjing. Makanan alami jauh lebih cocok. Namun, jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membuat makanan alami, masih ada jalan keluar. Coba Anda cari di Yoghurt Natural Plain. Ini sebenarnya sering dikonsumsi manusia. Tapi, untuk anjing juga bagus. Campurkan 1-2 sendok yoghurt dengan dog food pabrikan. Oya, dog foodnya dibuat lembek ya…tapi jangan terlalu banyak air untuk menghaluskannya. Semoga membantu.

  3. saya ingin tanya apakah ada pelatihan anjing untuk orang buta??? karena saya perna baca di majalah jerman perna ada anjing yang bisa menuntun orang buta. saya mohon segera diberi tahu informasinya.trimss bgt.

  4. begini anak anjing saya kurang lebih umurnya 3 bulan tapi tiba-tiba muntah darah… kira-kira kenapa ya???

  5. anak anjing yang muntah darah kita liat dulu umur brp, kalo di bawah 3bulan kmngkinan kena virus Patvo kalo di atas itu bisa jadi di kena distemper ati2 susah sembuh nya, mesti nya kamu rutin Vaksin

  6. halo kira2 ampai umur berapa ya puppies doyan gigitin ato ngerusakbarang?punyaku sudah umur 7 bln masih aja sama>padahal sudah aku belikan tulag2an yg buat gigit2
    mohon infonya<tq

    • Hallo Yenny,
      Jika kebiasaan itu dibiarkan, sampai umur berapapun tidak akan pernah berhenti. Pemicu awal memang dari pertumbuhan gigi puppy. Oleh karena itu, sejak dini, sebaiknya segera dikoreksi jika memergoki si puppy yang sedang asik merusak barang.

      Sebagai gantinya, berikan toys yang banyak dijual di petshop.
      Tapi ingat, jangan berikan toys sesaat setelah si puppy merusak barang.

  7. hallo saya harry
    beberapa wkt yg lalu saya membelikan pacar saya puppy jenis Rottweiller mix umur 2,5 bln
    tapi di umur yg 3 bln ( sekarang ) dia sudah mulai bersifat aggresif bahkan kepada keluarga si majikan pun seperti itu dlm kasus ini orang tua pacar saya sendiri pnh digigit :p
    padahal dia hampir setiap kali berinteraksi dgn org2 rumah!

    apa ada solusi untuk masalah ini thanks ya sebelumnya

    • Hallo Harry,
      Rottie adalah salah satu breed anjing yang tergolong memiliki energi tinggi. Oleh karena itu, dari kecil memang harus mulai dilatih disiplin.

      1. Pastikan dulu bahwa seluruh keluarga, bersedia untuk konsisten sebagai pemimpin. Artinya, mau menerapkan disiplin dan bersikap tenang dalam menghadapi si rottie.

      2. Buat jadwal “walk”, jalan kaki bersama anjing. Konsep walk ini sebenarnya untuk menguras tenaga anjing. 95% kasus agresifitas anjing bisa diselesaikan melalui “walk”.

      3. Koreksi langsung jika si rottie menggigit.
      Gunakan 2 jari untuk menohok leher anjing sesaat setelah dia menggigit. Tidak perlu keras dan jangan libatkan emosi. Tujuan koreksi ini hanya untuk membuat otak si anjing tersentak/kaget. Jika dia sudah tersentak, anda harus menunggu sampai si anjing dalam keadaan tenang.

      Solusi mengatasi perilaku anjing memang sulit didapat jika hanya melalui tulisan. Oleh karena itu, kami saat ini sedang menyusun artikel secara lebih detail dan mudah dimengerti. Tunggu kemunculan blog baru kami tentang psikologi anjing. Salam

  8. aku pny ank anjing rottwailer umur 3bln nama ny taisen, nakal bener…
    kaya ny dia blm bs bedain mn tuan ny mana yg bkan tuan ny..
    susah dikontrol dan suka ngamuk”..
    yang bikin lebih sebel si taisen suka pup sembarang..
    gimana ngatur ny? gmna cara ngajarin si taisen supaaya kagak nakal lagii?

  9. Aku punya anjing blasteran herder-kintamani, umur 8 bln, anjing jantan. Nah sampe skrg dia rada bandel dlm urusan buang air kecil ato besar. Selalu ga pg ke tmpt aku mau. Kencing selalu di depan toilet, padahal tinggal selangkah lagi dah masuk toilet. Setiap kali dia pup ato pee sembarangan, aku selalu pake cairan pembersih biar ga kembali ke tempat itu. Eh ternyata mase bandel. Gmn caranya supaya anjing ini ga males n nurut sama aku? Thx

  10. alow mau tanya, saya kan baru aja beli anak anjing yah, kira2 umur 2 bulan kurang, nah ini hari pertama berisik banget kaing2, saya kasi di kandang, akhirnya saya keluarin, terus dia muter2 cari tempat tidur, takutnya begitu bangun buang kotoran sembarangan, mohon masukannya ya, thx

    • pupies memang belum bisa tidur sendiri… ibaratnya anak kecil or bayi.. masih butuh dekat orang lain, mungkin tricknya… ajak tidur di kamar kita, hanya saja di lantai, kasih alas handuk dan ikat lehernya dengan tali kekang supaya enggak naik2 ke atas ranjang or mengganggu tidur kita

  11. kalo masi kecil emang begitu, mulai di ajarin aja pelan” kalo kepergok pup sembarangan di marahin, dipukul aja pantatnya trus diangkat ke tempa dya seharusnya buang air, tp jangan di marahin berlebihan biasanya dya malah tambah nakal kalo sering di marahin ato dipukulin, dan kasian juga

  12. saya mau bertanya bertanya puppise saya berumur 2,5bulan..
    kapan ya dia boleh di suntik vaksin?
    vaksin apa dahulu yg harus disuntikkan?
    apakah bolrh langsung suntik rabies ?

  13. Salam kenal,
    saya bagus, punya anjing golden umur 2,5 bln. aku beli sejak umur kurang dari 2 bln. masalahnya dia tidak mau makan dogfood kering, and sukanya dogfood kaleng campur nasi dan telor.
    yang saya tanyakan, bagaimana cara supaya anjing saya mau makan dog food kering. Thx

    • sama banget kasusnya, cuman masalahnya anjingku tadinya mau makan dogfood kering, cuman karena belakangan aku kasih nasi, ati ayam, telur rebus (makanan manusia) dia jadi engga mau makan dogfood kering lagi, kalau dogfood yg basah (kornet) dia mau… aku juga lagi cari solusi sih gimana caranya supaya dia mau makan dogfood keringnya… aku sudah coba untuk blender dogfood keringnya di campur kornet, tetap saja dia ga mau… mungkin aroma dari dogfood kering itu dia tau dan dia ga suka.. soale sebelum di makan selalu di endus2 dulu…

  14. saya aloy ,,, mau tanya .. katanya anjing kalau suka gigit itu cuma sampai umur 4 bulan ? apakah benar ?

  15. hy…..
    gw leo….
    mw nanya ni..gmn sih ngatasin anjing yg suka gigit..
    kalo d marahin malah ngelawan sambil gong2 marah” gitu…
    thx

  16. gimana sih cara ngajarin anak anjing usia 3 bln biar pup-nya ga sembarangan? terima kasih.

    • kalau dari pengalamanku, kita harus peka terhadap bahasa pupies itu… biasanya kalau mau pee or poop dia akan sedikit gelisah, mengendus2 tanah / lantai, dan menangis di depan pintu menuju ke luar rumah, segera buka pintunya dan biarkan dia poop dan pee d luar… kalau kita tidak peka, dia pasti akhirnya pee dan poop sembarangan di dalam rumah

  17. Saya Dhani, begini saya punya anjing maltse umur sekitar 3.5 bulan, yang mau saya tanyakan apakah panjang bulu maltse ada batas maksimalnya soalnya bulu di dekat mata sudah hampir menutupi matanya, kemudian yang di kaki juga sudah panjang sekali. Terus ada tidak tempat buat melatih si anjing maltse ini? Thanks

  18. saya budi. saya punya anak anjing, campuran rottweiler dan kintamani. umurnya baru mau 3bulan. dia nakal sekali. sukanya nggigitin kaki kalo g tangan. padahal sudah saya belikan mainan dari bola, sampe tulangtulangan. gimana caranya supaya dia g gigitin kaki sama tangan lg ya??

    • sama.. anjingku campuran golden ret dan german shepard… usia 2 bulan… begitu juga, suka gigit2 tangan, kaki, sampai kuping… di larangpun enggak bisa, memang sudah begitu kali yah nalurinya.. dan itu cara dia main dengan tuannya… bentuk kasih sayangnya… biasanya saya kalau sudah kewalahan, saya keluarkan dia dr ruangan (dihukum).. palingan dia nangis2 di depan pintu… sudah agak lama sekitar 5 – 10 menit baru saya kasih masuk lagi dan saya kasih muka tegas.. biasanya dia langsung mengerti dan enggak gigit lagi

  19. Saya Matthew, kasus saya sama dengan Budi, anjing saya baru berumur 3 bulan jenis beagle, dia agresif sekali dan yg paling parah suka minggigit kaki dan tangan siapa saja. bagaimanakah cara mengajarinya. terima kasih

  20. Mohon info nya , puppy umur 15 hari .. Dia susah pup , hanya mengkonsumsi asi , udh d ksih air sabun hangat k anus nya sma perut d kompres air anget , tapi msih gitu juga ,
    Mohon dengan sangat info nya ..
    Terima kasih

  21. Mohon info,anjing ku peranakkan shis tzu dan tekel..umur 3,5 bulan.gimana caranya biar dia ga naik ke tempat tidur.sering banget naik ke temapt tidur.mksh.

  22. Hallo, saya christin
    Saya punya anjing pom,
    Dia sering bersin, sering kyk mau keluarin ingus atau dahak gitu, kemarin dia muntah warnanya kuningg bgt. Trus malamnya dia muntah kyk air darah gtu.. Aku langsung kasi dia susu tpi dia ga mau, aku coba kasi susu kental aj tanpa air awalnya dia ga mau tapi lama kelamaaan dia abisin susu kentalnya. Kira-kira cara aku mengatasinya itu bener gak? Trus dia bisa muntah kyak air campur darah gtu, knpa ya? Tlg balasannya :)

  23. mohon infonya, saya punya anjing siberian husky jantan 7 bulan,kok makannya susah sekali cuma sedikit2 aja gak pernah habis.padahal porsinya cuma sedikit,saya juga jarang kasih makanan cemilan buat dia.obat cacing juga rutin dikasih,cuma kadang2 kalo malam dia batuk dan kaya ada sesuatu ditenggorokannya yang susah dia keluarin, itu penyakit bukan ya? makasih sebelumnya

    • cb kasih biolysin atau penambah nafsu makan… dan coba kasih dog food yang ukuran butirannya kecil2… apakah perhatian dan kasih sayang yg di berikan sudah cukup? bagaimana dengan latihannya (lari) ?.. anjing yg kurang perhatian dan kurang olah raga jadi malas makan, ga bersemangat

  24. halo,,saya punya shitzu umur 2blan,dy pagi ini makan pup nya sendiri..lalu dy muntah”..obat nya apa ya??nafsu makan nya menurun..bagaimana cara mengembalikan nafsu makan nya lagi,,,

    • hi, iya anjing terutama puppy memang akan makan poop nya, satu2 nya cara ya di ajar spy engga makan poop nya, kalau bisa habis poop langsung di bersihkan poop nya, atau di pukul pantat nya dan di marahi kl kepergok dia makan poop… kl muntah gpp… kecuali sampai berkepanjangan.. kasih ajah oralit dan kasih minum yang banyak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: